Penyakit Diabetes

Diabetes Mellitus merupakan  salah satu penyakit degeneratif , yang menjadi salah satu penyakit sepuluh besar penyakit di Indonesia. Pada tahun 1995 tercatat jumlah penderita Diabetes Mellitus di Indoneisa lebih kurang 5 juta jiwa. Diabetes mellitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (1). Berdasarkan klasifikasi, diabetes mellitus ada 2 tipe (2) :

1.   Tipe I : Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM)

Pada tipe ini terjadi destruksi dari sel-sel beta pankreas, sehingga tidak memproduksi insulin lagi dengan akibat sel tidak dapat menyerap glukosa dari darah. Tipe ini berkembang sebelum usia 30 tahun dan dimulai pada usia 10 – 13 tahun. Penderita ini biasanya kurus dan selalu tergantung pada suntikan insulin serta modifikasi diet untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Seringkali disebut juga sebagai diabetes juvenile.

2.   Tipe II : Non-Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM)

Tipe ini disebabkan oleh proses penuaan sehingga sel-sel beta pankreas mengalami penyusutan dan sel-sel beta yang masih aktif sekresi insulinnya semakin berkurang dan kepekaan reseptornya menurun. Biasanya timbul setelah usia 40 tahun, kebanyakan diobati dengan diet dan olahraga, kadang-kadang juga diberikan terapi insulin.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s