Perokok Pasif Lebih Terancam dari Perokok Aktif

Perda DKI Jakarta tentang Pengendalian Pencemaran Udara, sejak 4 Februari lalu. Nyatanya, masih saja para perokok bebas menghembuskan asap rokoknya di sembarangan tempat.

Guru besar ilmu kesehatan University of California, San Francisco, Amerika. Profesor Stanton Glantz membagi asap rokok menjadi dua kelompok.
  1. Kelompok pertama, yang langsung terhisap masuk ke dalam paru-paru oleh si perokok.
  2. Kelompok kedua, adalah asap yang berasal dari ujung rokok yang terbakar saat tidak ihisap.

Asap yang muncul karena pembakaran yang tidak sempurna saat rokok tidak dihisap inilah yang justru lebih berbahaya. Karena menurut Profesor Glantz, “kandungan racun pada asap rokok yang tebakar ketika sedang tidak diisap lebih tinggi daripada kandungan racun asap rokok yang dihisap”.

Convention Tobacco Control

yang diselenggarakan oleh World Health Organization (WHO), memperkirakan, tahun 2003 mendatang. Ada 770 juta anak yang akan dijemput kematian karena menjadi perokok pasif. Bila diasumsikan daya tahan anak-anak separuh dari daya tahan tubuh orang dewasa. Berarti separuh dari jumlah itu juga orang dewasa yang akan menghadapi kematian karena menjadi pasif alias   ketiban apes menghisap asap rokok yang dinikmati orang lain.

Kenapa asap rokok jadi begitu menakutkan? Karena asap rokok mengandung aneka zat mematikan di bawah ini:

  1. A.   NIKOTON.

Zat ini mempunyai sifat adiktif yang membangkitkan dopamine, zat di otak yang bisa bikin kamu rileks dan bikin orang kecanduan. Padahal setelah dibakar terus dihisap (baik oleh perokok pasif atau perokok pasif) 2% dari nikotin akan langsung menyergap otak dalam waktu 15 detik. Nikotin ini sangat ampuh ubtuk jadi penyebab penyempitan pembuluh darah dan berkurangnya oksigen di seluruh tubuh.

  1. B.        TAR.

Zat ini selain bikin kamu nggak cantik, juga cikal bakal kanker. Karena TAR merupakan partikel padat yang dikeluarkan dan terdiri dari 4000 zat kimia yang membahayakan tubuh. Ampas TAR yang menempel pada gigi menyebabkan gigiberubah jadi untaian emas, alias kuning. Terus jadi cokelat dan selanjutnya jadi kehitaman. Seremnya lagi, ternyata TAR memiliki kandungan 43 bahan Karsinogenik yang menempel di paru-paru. Dalam masa 20-30 tahun, bahan ini terus bekerja untuk mengubah sel epitel bronkus paru-paru menjadi sel kanker ganas.

  1. C.    Karbon Moniksida/CO.

Gas CO yang dikeluarkan oleh ujung rokok yang dibakar sama dengan gas beracun yang disemburkan oleh knalpot di jalan raya.

  1. HYDROGEN CYANIDE, (digunakan untuk mengeksekusi terdakwa divonis mati), ACETONE (penghapus kuteks), AMMONIA (pembersih lantai), METHANOL (bahan bakar roket), TOLUENE (pelarut industri),  ARSENIC (racun tikus), BUTANE (bahan bakar korek api), CADMIUM (dipakai buat accu mobil), VINYL  CHLORIDE (bahan plastik).

Waduhhh… ga kebayang dewh kalau semua zat itu terkumpul di dalam tubuh kita. Walau sekarang kamu merasa sehat-sehat saja! Dapat dipastikan umur kita akan berakhir dengan tubuh yang digerogoti berbagai penyakit kronis! Karena semua ini memang berlangsung dalam jangka panjang! Karena itu jangan sungkan untuk menegur orang yang merokok di dekatmu, seupaya kita semua tetap SEHAT!!!!!!

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s