Jurus-Jurus Agar Karyamu Dapat Diterbitkan

Jurus-Jurus Agar Karyamu Dapat Diterbitkan

1)    Lihat segmen pasar penerbitan yang diincar

Ini penting banget lho, karena sebagus apapun karya kita, kalau nggak cocok dengan segmen penerbit, ya nggak akan diterbitkan.

2)   Cari buku-buku dari penerbit yang diincar

Dengan membaca dan menelaah buku-buku dari penerbit yang diincar, kita akan tahu karakteristik tulisan seperti apa sih yang bisa lolos di penerbitan tersebut.

3)  Cari info sebanyak-banyaknya tentang penerbit yang diincar

Info ini bisa di dapat dari orang luar atau orang dalam. Bisa dari penuli-penulis yang karyanya pernah diterbitkan penerbit tersebut. Atau dari para editornya. Acara launching yang diadakan oleh suatu penerbit, bisa jadi ajang bagi kamu untuk berkenalan dengan orang-orang dari penerbitan tersebut . jadi jangan malas untuk datang kalau ada acara temu penulis atau launching buku.

4)  Jeli melihat perkembangan penerbit

Misalnya kamu sudah mengincar LPPH untuk menerbitkan kumcer atau novel kamu, dan dari segmen pembaca LPPH kayaknya sudah cocok. Tapi, kamu juga kudu memeperhatikan kalau ternyata sekarang LPPH lagi konsentrasi menerbitkan buku-buku how to atau panduan misalnya, itu berarti novel atau kumcer kamu akan waiting list.

5)   Posisi buku di toko buku, mudah di dapat atau enggak?

kita harus melihat apakah penerbitan itu punya tim marketing yang bagus atau nggak? Percuma kan kalau kita punya buku bagus tapi, nggak ada orang yang tahu? Karena penerbitnya tidak mendistribusikan buku kita dengan baik.

Tim marketing terkait dengan pembayaran honor kita nanti, atinya kalau tim marketingnya oke, laporan penjualan pun akan lancar, maka pembayaran royalty kita pun akan lancar. Intinya jangan sampai buku kita asal terbit saja.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s